loading...

Perlukah Merokok Untuk Kebahagiaan

Hai Bahagia lovers, pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang rokok. Iya rokok, rokok itu apa sih sebenarnya, dan apakah ada manfaatnya ataukah malah berdampak negatif buat kita?

Dan apakah saat kita menghisap rokok, kita akan merasa bahagia?
Mari kita simak Bahagia lovers gimana sih rokok itu, dan apakah benar ada manfaatnya?


Perlukah Merokok


Menurut wikipedia.org rokok itu  adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).

Haduh ngeri ternyata Bahagia lovers, rokok itu tidak ada manfaatnya malah berdampak negatif bagi kesehatan kita Bahagia lovers, akan tetapi kok masih banyak ya perokok aktif di Indonesia, menurut survey saya saat bertanya ke beberapa teman tentang bagaimana rasanya saat merokok, banyak diantara teman saya yang bilang bahwa merokok itu bisa membawa kebahagiaan, hah, masak iya sih. Dan perasaan sedih yang mereka alami akan segera hilang setelah mereka merokok dan mereka merasa BAHAGIA. mungkin ini penyebabnya masih banyak perokok aktif di indonesia Bahagia lovers, dan menurut riset  51,1 persen rakyat Indonesia adalah perokok aktif, tertinggi di ASEAN dan sangat jauh bedanya dengan negara-negara tetangga, misalnya: Brunei Darusallam 0,06% dan Kamboja 1,15%. Pada tahun 2013, 43,8% perokok berasal dari golongan lemah; 37,7% perokok hanya memiliki ijazah SD; petani, nelayan dan buruh mencakup 44,5% perokok aktif. 33,4% perokok aktif berusia di antara 30 hingga 34 tahun. Bagusnya hanya 1,1% perempuan Indonesia adalah perokok aktif, walaupun tentunya perokok pasif akan lebih banyak.

Wah banyak sekali ya racun yang berada di dalam rokok, dan menurut dr. Budhi Antariksa SpP PhD, Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Royal Taruma. Rokok merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia dan merupakan satu-satunya produk legal yang membunuh seperti hingga setengah penggunannya. Survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan setiap jam sekitar 46 orang meninggal dunia karena penyakit yang berhubungan dengan merokok di Indonesia.

Kebiasaan merokok sedikitnya menyebabkan 30 jenis penyakit pada manusia.  Penyakit yang timbul akan tergantung dari kadar zat berbahaya yang terkandung, kurun waktu kebiasaan merokok, dan cara menghisap rokok. Semakin muda seseorang mulai merokok, makin besar risiko orang tersebut mendapat penyakit  saat tua.

Dan Mengapa Rokok Berbahaya?

Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Atau juga kanker lain, seperti kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan rahim. Aterosklerosis atau pangerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan, dan impotensi.

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.  Asap rokok mengandung sejumlah zat yang berbahaya seperti benzen, nikotin, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Partikel ini akan mengendap di saluran napas dan sangat berbahaya bagi tubuh. Endapan asap rokok juga mudah melekat di benda- benda di ruangan dan bisa bertahan sampai lebih dari 3 tahun, dengan tetap berbahaya.

Haduh berbahaya sekali ya Bahagia lovers, dari pengertian rokok sampai dampaknya rokok diatas, rokok sangatlah berbahaya bagi kita Bahagia lovers, dan tidak bisa membuat kita Bahagia malah akan menghabiskan uang kita, namun bagi yang tidak bisa berhenti menghisap rokok, ada beberapa tips untuk menghidari kebiasaan merokok :

1. Niatlah sungguh-sungguh bahwa Anda berhenti merokok
2. Umumkan pada orang-orang di sekitar bahwa Anda akan berhenti merokok
3. Jauhilah lingkungan para perokok.
4. Carilah aktivitas yang berguna bagi tubuh
5. Bawalah selalu permen kemanpun Anda pergi.
6. Rokok merupakan penyebab kesakitan dan kematian yang dapat dicegah. 

Mulai dari sekarang bagi Bahagia lovers yang suka merokok, cobalah tuk berhenti ya, karena masih banyak sekali cara kok untuk mendapatkan kebahagiaan selain merokok, terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat

Keep Bahagia dan selalu sukses ya Bahagia lovers



loading...